gazette

Up | Down

My Great Web page

 

Daftar Animasi Gundam

~ ~


Dibawah ini adalah Daftar Animasi Gundam

  Daftar ini dibuat secara kronologis berdasarkan tahun produksi kemunculan pertama suatu seri. Harap diperhatikan bahwa hanya seri Gundam yang dianimasikan saja yang masuk ke dalam daftar ini. Jadi bila kau suatu hari menemukan rancangan MS yang sepertinya tak berasal dari seri apapun yang muncul di sini, bisa jadi itu rancangan MSV yang hanya muncul dalam cerita novel, manga, atau game.

 Daftar ini akan ku-update secara berkala. Semua seri yang pernah kutonton dari yang di bawah ini tetap mungkin akan kubuat ulasannya juga.
(Sial, apa entar aku mesti bikin daftar tokohnya juga?!)
Sedikit tambahan juga, rangkaian seri SD Gundam (yang notabene adaptasi ulang dalam bentuk chibi  serta Gunpla Builders (tentang anak-anak perakit model kit) takkan kusertakan di sini. Tentu saja, klip-klip promo MSV (seperti animasi-animasi pendek SEED Astray) juga takkan kumasukkan di sini.


Mobile Suit Gundam (1979)
  Gundam 0079 merupakan seri animasi dengan genre real robot yang paling pertama. Meski serial TV-nya pada awalnya tidak menarik banyak perhatian, tiga episode kompilasi layar lebar-nya meraih banyak penggemar fanatik.

  Berlatar di tahun 0079 Universal Century, pada masa ketika populasi manusia bumi sudah merambah luar angkasa lewat penciptaan space colony (koloni ruang angkasa), dikisahkan bahwa peperangan dahsyat tengah berlangsung antara Federasi Bumi yang berbasiskan di Bumi dan Monarki Zeon (istilahnya bener ga si?) yang menyatakan kemerdekaan mereka di space colony. Tokoh utamanya seorang pemuda berusia 14 tahun yang rada-rada geek bernama Amuro Ray.
Amuro, karena desakan keadaan. menjadi satu-satunya orang yang memahami cara pengendalian senjata rahasia terakhir milik Federasi Bumi, RX-78-2 Gundam, yang secara diam-diam dikembangkan oleh ayahnya sendiri. Gundam merupakan bagian dari proyek rahasia Federasi untuk menghasilkan senjata-senjata yang dapat menandingi teknologi mobile suit Zaku milik Zeon, Operation V, yang juga telah menghasilkan pula MS khusus Guntank dan Guncannon, serta MS produksi massal, GM. Sesudah koloni tempat tinggalnya diserang, Amuro kemudian bergabung bersama para warga sipil lain yang selamat di kapal induk White Base di bawah kepemimpinan darurat Bright Noa. Mereka mencoba melarikan diri ke Jaburo, markas besar Federasi Bumi di Amerika Selatan, agar bisa lolos dari kejaran tentara Zeon yang dimotori pria bertopeng misterius yang menjadi pilot as Zeon bernama Char Aznable.

  Char ternyata sebenarnya merupakan Casval Daikun, putra pendiri Zeon sekaligus pencetus teori tentang Newtype, yang bermaksud membalas dendam terhadap keluarga Zabi yang telah mengambil alih kekuasaan di koloni luar angkasa Side 3 dan mengambil nama ‘Zeon’ sebagai negara. Sayla Mass, mahasiswi kedokteran yang bergabung menjadi awak White Base, belakngan terungkap sebagai adik kandung Char, Artesia Daikun, yang berada di pihak bersebrangan dengan kakaknya. Konflik antara Amuro dan Char mencapai puncaknya saat Lalah Sune, seorang gadis Newtype muda yang berada di bawah asuhan Char, tak sengaja tewas demi melindungi Char dari serangan Amuro. Pertempuran terakhir akhirnya pecah tatkala pasukan Federasi melakukan penyerbuan terhadap titik pertahanan terakhir Zeon, benteng luar angkasa A Baoa Qu. Di sana, Amuro, yang oleh Lalah telah disadarkan keberadaannya sebagai seorang Newtype, berhadapan kembali dengan Char yang kini menggunakan MS eksperimental Zeong. Di akhir pertempuran, perang apokaliptik antara Federasi dan Zeon kemudian dikenal dalam sejarah sebagai One Year War (Perang Satu Tahun).
Meski animasinya terbilang ‘kolot’ untuk ukuran zaman sekarang, jalan ceritanya yang berbobot  (yang membedakannya dari anime-anime mecha lain pada zamannya) masih digemari hingga kini. Tema-tema berat seperti ‘kematian dalam perang’ dan ‘dewasa sebelum waktunya’ digambarkan secara jelas dan gamblang. Di samping menjadi awal dari franchise anime mecha paling terkenal sepanjang sejarah, seri cetusan Yoshiyuki Tomino dari studio Sunrise ini menjadi pembuka bagi dibuatnya anime-anime robot lain yang tak sepenuhnya diperuntukkan bagi anak-anak, seperti Taiyou no Kiba Dougram dan Space Runaway Ideon. Versi trilogi movie kompilasinya secara pribadi lebih kurekomendasikan dibandingkan versi seri TV-nya. Tapi dua-duanya sama bagusnya kok.

Mobile Suit Zeta Gundam (1985)
  Zeta Gundam merupakan lanjutan yang dibuat sebagai tanggapan atas semakin tenarnya Gundam.
Berlatar awal di tahun 0087 UC, para penduduk space colony dikisahkan hidup di bawah penindasan biadab yang dilakukan kelompok Titans, kesatuan elit khusus yang dibentuk Federasi sebagai upaya pencegahan terhadap munculnya faksi pemberontak seperti Zeon lagi. Tokoh utama kali ini adalah seorang pemuda berbakat namun bermasalah bernama Camille Vidan, yang sesudah pertikaiannya dengan seorang perwira Titans bernama Jerid Messa (yang kemudian menjadi rival utamanya), nekad mencuri Gundam Mk II baru milik Titans yang tengah diuji. Camille yang diyakini sebagai Newtype kemudian bergabung bersama kelompok pemberontak AEUG (Anti-Earth Union Group) di kapal induk Argama yang nantinya dikomandoi Bright Noa. Di bawah bimbingan Quattro Bajeena (yang sebenarnya merupakan sosok penyamaran dari Char Aznable), Camille menjadi saksi langsung dari tindakan-tindakan kejam Titans dan dengan tegar tumbuh menjadi andalan AEUG dalam menghentikan dominasi mereka. Di pertengahan seri, Amuro Ray turut berperan dalam cerita sebagai mentor Camille selama berada di Bumi, yang juga turut berjuang melawan Titans di bawah bendera kelompok Karaba. Sejumlah tokoh lama yang dahulu berperan sebagai awak White Base, seperti Frau Bow yang kini telah menikah dengan Bright, Kai Shiden yang kini menjadi jurnalis mata-mata, serta Hayato Kobayashi yang memimpin Karaba, ikut dimunculkan kembali dalam seri ini.

  Meski Titans berhasil didesak ke luar angkasa, konflik semakin memanas dengan tibanya sisa faksi Zeon dengan asteroid raksasa Axis untuk bernegosiasi dengan Federasi Bumi. Axis dipimpin oleh seorang wanita bernama Haman Karn, yang menjadi wali dari keturunan terakhir keluarga Zabi yang masih hidup, Mineva Zabi, yang masih anak-anak. Kepada siapa Axis memutuskan untuk bersekutu akan menentukan hasil akhir dari peperangan ini. 

  Pertempuran terakhir kemudian pecah di koloni Gryps di mana benteng Gate of Zedan yang dikuasai Titans telah ditempatkan. Char dengan Hyaku Shiki menghadapi Qubeley milik Haman demi menuntaskan hubungan masa lalu di antara mereka. Sementara Camille dengan Zeta Gundam menantang The O milik Paptimus Scirocco, pengembang senjata dari Jupiter sekaligus Newtype berkekuatan dahsyat yang dengan lihai telah mengambil alih kepemimpinan Titans dari Jamitov Hyman. Rangkaian pertempuran ini kemudian dikenal dalam sejarah sebagai Gryps Conflict (Konflik Gryps).

  Hingga kini sebagian besar penggemar berpendapat bahwa seri ini merupakan seri Gundam terbaik yang pernah ada, dengan mengetengahkan alur cerita yang kompleks dan gelap dengan kualitas animasi yang jauh lebih baik, serta tokoh-tokoh dewasa dan adegan-adegan pertempuran yang dramatis. Karena memiliki nuansa dan akhir cerita yang agak berbeda, baik seri TV-nya yang orisinal ataupun trilogi movie kompilasinya (yang keluar tahun 2005an) sama-sama memiliki daya tariknya sendiri-sendiri. Penggemar baru disarankan untuk menyaksikan trilogi movie-nya terlebih dahulu.

Mobile Suit Double Zeta Gundam (1986)
  Seri televisi ini dimaksudkan sebagai season kedua dari serial TV Zeta Gundam, yang dibuat dengan nuansa yang teramat sangat berbeda.

  Dikisahkan bahwa pada tahun 0088 UC, meski Titans telah dikalahkan dan perang sebelumnya telah mereka menangkan, AEUG telah kehilangan sebagian besar kekuatannya dan kini dipimpin oleh Bright Noa. Tanpa ada pihak lain yang dapat menghalangi, pasukan Axis mendeklarasikan diri sebagai Neo Zeon dan secara perlahan tapi pasti mulai merebut tampuk kekuasaan di koloni-koloni. Tokoh utama kali ini adalah pemuda pemulung bernama Judau Ashta, yang bersama teman-temannya sesama yatim piatu dari koloni luar angkasa Shangri-La, berulangkali mencoba mencuri Zeta Gundam dari kapal Argama agar bisa mereka jual. Tetapi campur tangan pasukan Neo Zeon di Shangri-La akhirnya membuat mereka memutuskan untuk bergabung bersama AEUG dan melakukan perlawanan gerilya(?) terhadap mereka.

  Seiring perkembangan cerita, Judau dan kawan-kawannya menolong(?) seorang gadis bernama Roux Louka dari ancaman perwira muda Neo Zeon bernama Grammy Todd. Roux ternyata adalah utusan dari La Vie En Rose yang mengabarkan pada mereka tentang MS ZZ Gundam yang baru. Tapi Grammy yang terobsesi dengan Roux tak sudi melepaskan gadis itu begitu saja, dan dalam upayanya mendapatkan Roux, Grammy akhirnya malah menawan Leina Ashta, adik perempuan Judau sekaligus satu-satunya anggota keluarganya yang masih tersisa.

  Upaya Judau untuk mendapatkan Leina kembali mewarnai sebagian besar cerita di seri ini. Upayanya akhirnya mempertemukannya dengan pemimpin Neo Zeon, Haman Karn. Haman yang mendapatkan reaksi Newtype dari Judau kemudian memandangnya sebagai ‘tandingan’ yang sebanding dengan Char dan Camille.

  Pada penghujung cerita, Grammy yang menyadari jati dirinya yang sesungguhnya memulai pemberontakan besar-besaran terhadap Haman. Faksi Neo Zeon akhirnya runtuh dari dalam. Haman dengan Qubeley berduel dengan Full Armor ZZ Gundam milik Judau, dan akhirnya memutuskan untuk menyudahi semua ambisinya sesudah semua yang telah terjadi. Sementara di sisi lain, pihak Neo Zeon tak lagi memiliki motivasi untuk melanjutkan perang karena Mineva Zabi yang begitu dijunjung ternyata bukan lagi Mineva Zabi yang asli…
Rangkaian pertempuran ini dikenal dalam sejarah sebagai First Neo Zeon War (Perang Neo Zeon Pertama).

  Seri ini bisa dibilang memiliki nuansa yang ‘radikal’ dibandingkan seri sebelumnya, karena konon ditangani oleh staf yang baru. Alasan lainnya mungkin adalah sebagai ‘penyegar’ sesudah seri sebelumnya yang memiliki akhir cerita teramat tragis. Tapi dosis komedi berlebih(an) yang dimiliki ZZ Gundam malah membuat sekitar separuh seri ini terlalu konyol dan hampir tidak layak tonton, sekalipun pada akhirnya hal tersebut menarik sejumlah penggemar baru dari kalangan anak-anak dan orang awam. Seperti halnya dalam Zeta Gundam, Amuro dan Char juga semula direncanakan muncul dalam seri ini. Tapi produksi layar lebar Char’s Counterattack akhirnya disetujui, sehingga naskah seri ini kemudian ditulis ulang oleh Tomino. Penulisan ulang tersebut ternyata berbuah baik, dan akhirnya menjadikan cerita ZZ Gundam lebih berbobot.
Mobile Suit Gundam: Char’s Counterattack (1988)
  Film layar lebar pertama dalam seri Gundam yang memiliki cerita original, yang sekaligus dikenal karena menggambarkan akhir  perselisihan antara Amuro dan Char.

  Berlatar di tahun 0093 UC, Char Aznable menggalang kekuatan dan membangkitkan kembali bendera Neo Zeon di koloni luar angkasa Sweetwater. Dengan tujuan untuk memindahkan umat manusia ke luar angkasa agar menjalani evolusi menjadi Newtype, ia dan pasukannya meluncurkan asteroid-asteroid besar ke Bumi dengan maksud memulai musim dingin artifisial berskala global. Yang menjadi satu-satunya penghalangnya adalah kesatuan gerak cepat khusus Londo Bell milik Federasi Bumi, yang diawaki oleh Amuro Ray dan Bright Noa.

  Dalam negosiasi yang menyusul, Char menyatakan bahwa ia bersedia menghentikan aksinya asalkan diserahi kepemilikan atas asteroid raksasa Axis, yang merupakan bekas markas Neo Zeon yang sebelumnya. Hanya Londo Bell yang menyadari adanya sesuatu yang tidak beres dalam tindakannya tersebut. Sebagaimana yang Amuro dan Bright duga, tujuan utama Char rupanya tak lain adalah untuk meluncurkan Axis ke arah Bumi. Harapan satu-satunya untuk menghentikan rencana gila Char kemudian jatuh ke Nu Gundam yang dikemudikan Amuro, yang sesungguhnya menggunakan teknologi serupa dengan yang Sazabi milik Char gunakan.

  Turut terlibat dalam konflik ini adalah Quess Paraya, putri pejabat yang memiliki kekuatan Newtype besar yang tertarik pada Amuro tetapi kemudian berpihak pada Char; Hathaway Noa, putra sulung Bright yang memiliki ketertarikan pada Quess; Nanai Miguel, kekasih Char saat ini, Gyunei Guss, seorang pilot Newtype, serta Chen Agi, teknisi yang paling memahami potensi keajaiban yang dapat dihasilkan oleh psychoframe Nu Gundam.
Konfrontasi terakhir antara dua rival abadi ini dikenal sebagai Second Neo Zeon War (Perang Neo Zeon Kedua).
Sebagian besar penggemar sepakat bahwa movie keren ini adalah sesuatu yang tak boleh dilewatkan oleh para penggemar Gundam klasik.

Mobile Suit Gundam 0080: War in the Pocket (1989)
  Memaparkan sebuah kisah tragis yang terjadi menjelang berakhirnya Perang Satu Tahun, OVA enam episode ini mendapat banyak perhatian karena nuansa melodrama-nya yang sangat kental.
Sebagian besar cerita diambil dari sudut pandang Alfred Izuruha, seorang bocah penyuka mobile suit yang hidup di koloni luar angkasa Side 6, di mana bagian-bagian Gundam baru RX-78 NT1 “Alex” hendak dirakit dan diujicoba. Al pada suatu ketika berkenalan dengan Bernard Wiseman, pilot Zaku muda yang telah dipaksa pemerintahan militer Zeon untuk mendukung upaya agen mereka dalam menghancurkan Gundam tersebut. Bernie kemudian berkenalan dengan tetangga Al, seorang perempuan bernama Christina Mackenzie, yang tanpa sepengetahuan mereka merupakan pilot tes dari Alex. Dalam kurun waktu yang singkat itu, Bernie dan Chris pun menjadi tertarik terhadap satu sama lain.

  Pertemuannya dengan Al dan Chris memberi pengaruh besar terhadap keputusan terakhir yang harus Bernie ambil seiring dengan arah berkembangnya perang. Al yang menjadi satu-satunya orang yang memahami apa sesungguhnya yang terjadi kemudian menjadi saksi tunggal dari sebuah kejadian yang mengubah hidupnya untuk selama-lamanya…
Tanpa banyak komentar, OVA ini mungkin merupakan kisah Gundam paling menyentuh yang pernah ada. Sangat direkomendasikan bagi para penggemar berat drama.

Mobile Suit Gundam F91 (1991)
  Film layar lebar yang dibuat untuk memulai legenda baru yang ‘terpisah’ dari seri-seri terdahulu. Semula direncanakan sebagai seri TV, tapi permasalahan dengan pihak sponsor membuatnya terpaksa dipotong menjadi film layar lebar.

  Berlatar di tahun 0123 UC, movie ini diawali dengan diserangnya pertahanan Federasi Bumi di koloni luar angkasa Frontier 4 oleh faksi misterius bernama Crossbone Vanguard, yang akhirnya berkembang menjadi sebuah konflik baru. Tokoh-tokoh utamanya adalah pemuda bernama Seabook Arno beserta kekasihnya, Cecilly Fairchild.

  Seabook yang terluka dalam serangan tersebut kemudian mendapati bahwa Cecilly telah diculik. Penculikan tersebut dilatari oleh kenyataan bahwa Cecilly ternyata bernama asli ‘Berah Ronah’ dan sesungguhnya merupakan putri tunggal dari pemimpin Crossbone Vanguard, Carozzo Ronah, yang bermaksud untuk menggulingkan sistem pemerintahan Federasi dan menggantikannya dengan sistem pemerintahan aristokrat di bawah bendera Cosmo Babylonia. Mengira Seabook telah tewas, Cecilly dengan enggan turut serta dalam pertempuran dengan MS Vigna Ghina.

  Seabook dan kawan-kawannya lalu bergabung dengan awak kapal Space Ark sesudah menyelamatkan diri ke koloni Frontier 1, dan Seabook kemudian mengetahui kenyataan sebenarnya tentang hubungan antara kedua orang tuanya. Sesudah diserahi kemudi atas Gundam F91 yang baru, tak mau menyia-nyiakan semua pengorbanan yang sudah dilakukan untuknya, Seabook akhirnya menggunakan F91 untuk menghadapi invasi Crossbone Vanguard terhadap Frontier 1. Di penghujung pertempuran, Seabook berhadapan dengan mobile armor Rafflesia milik Carozzo yang menjadi penghalang terakhirnya untuk bisa mendapatkan Cecilly kembali.

  Karena kendala di proses produksinya, film layar lebar ini sayangnya tak dapat dikatakan memuaskan. Tapi kisah ini memulai lembaran baru dalam franchise Gundam yang menegaskan arah ‘perkembangan dunia-nya,’ sekaligus membuka peluang dibuatnya cerita-cerita baru yang tidak perlu terkait dengan sejarah yang sebelumnya sudah ada.

Mobile Suit Gundam 0083 (1991)
  Dirilis pada tahun yang sama dengan F91, OVA yang terdiri atas tiga belas episode ini dimaksudkan sebagai jembatan penghubung antara kurun waktu Mobile Suit Gundam dengan Mobile Suit Zeta Gundam. Di tahun berikutnya, ketiga belas episode ini dikompilasi ke dalam satu film layar lebar dengan penambahan sejumlah adegan baru.

  Berlatar di tahun 0083 UC, kisah ini memaparkan pengejaran awak-awak kapal Albion terhadap Anavel Gato yang telah membajak RX-78 Gundam GP02 “Physalis”, yang berujung pada keterlibatan mereka dalam insiden Operation Stardust. Tokoh-tokoh utamanya adalah Kou Uraki, pilot tes muda dari pangkalan Federasi di Torrington, Australia, yang kemudian menggunakan RX-78 Gundam GP01 “Zephyranthes”; Anavel Gato, pilot as dari Dellarz Fleet (Armada Dellarz); beserta Nina Purpleton, teknisi perempuan dari Anaheim Electronics yang terlibat hubungan asmara dengan keduanya.

  Dellarz Fleet yang dipimpin Aiguille Dellarz dikisahkan merupakan salah satu pecahan  faksi Zeon yang bermaksud untuk membalas kekalahan mereka dalam Perang Satu Tahun. Rencana penyerangan yang mereka sebut Operation Stardust itu diawali dengan pembajakan atas Gundam Physalis yang dilengkapi persenjataan nuklir. Gundam yang sekaligus menjadi bukti pelanggaran Federasi terhadap Traktat Atlantik tersebut kemudian digunakannya untuk meluluhlantakkan pertahanan Federasi pangkalan militer luar angkasa Konpei. Dalam kekacauan yang terjadi, sebuah koloni kemudian akan dijatuhkan ke kota padat penduduk Von Braun di Bulan, dan satu-satunya pihak yang memahami ancaman sesungguhnya dari operasi ini hanyalah Kou dan kawan-kawannya.
Cerita mencapai puncaknya tatkala Kou dan kawan-kawannya menemukan indikasi adanya suatu konspirasi di dalam Federasi. Dellarz akhirnya terbunuh oleh Cima Garahau, panglima wanitanya yang berkhianat, sementara Kou yang menggunakan Gundam GP03 “Dendrobium” berhadapan untuk terakhir kalinya dengan Gato yang menggunakan MA Neue Ziel. Dellarz Fleet hancur dan sisa pasukannya turut mundur ke Axis menyusul sisa pasukan Zeon lain, namun tujuan akhir yang sesungguhnya dari Operation Stardust berhasil tercapai.

  Beberapa waktu kemudian, kesatuan elit khusus Titans terbentuk, segala catatan fakta berkenaan pengembangan senjata baru Federasi dan Operation Stardust dihapuskan; dengan demikian segala tuduhan pembangkangan terhadap Kou dibersihkan dan di penghujung cerita, Kou akhirnya dibebaskan dari penjara militer dan dipertemukan kembali dengan Nina dan kawan-kawan lamanya.
Meski tidak diiringi perkembangan karakter yang memadai maupun pemaparan plot yang optimal, seri yang sarat aksi ini memenuhi perannya dalam mengisi jeda waktu delapan tahun antara dua seri TV yang pertama. Versi OVA lebih kurekomendasikan dibandingkan versi movie-nya karena memiliki tempo cerita yang lebih baik.

Mobile Suit Victory Gundam (1993)
  Seri ini merupakan upaya kedua Sunrise dalam membuka lembaran serial Gundam baru yang tak terkait dengan seri-seri sebelumnya.

  Dikisahkan bahwa pada tahun 0153 UC, di masa ‘Uchuu Sengoku no Jidai’ (‘The Age of Warring Space States’ – kurang lebih berarti Masa Peperangan Negara-negara Luar Angkasa), Federasi Bumi telah kehilangan sebagian besar kewibawaannya dan akhirnya takluk terhadap serangan pemerintahan aristokratik Kekaisaran Zanscare yang berkuasa atas koloni-koloni luar angkasa. Perlawanan terakhir yang masih berlangsung terhadap Zanscare berasal dari kelompok pemberontak gerilya League Militaire. Tokoh utama seri ini adalah Usso Ewin, anak lelaki berusia 13 tahun yang memiliki latar belakang sedikit misterius.

  Diceritakan dari sudut pandang Shakti Kareen, sahabat sejak kecil Usso, Usso terlibat dalam perang saat secara tidak langsung menolong pilot wanita Marvet Fingerhat yang tengah menguji Core Fighter dari Victory Gundam yang baru. Untuk itu, Usso harus berhadapan dengan Chronicle Asher, pilot MS tangguh yang sekaligus merupakan adik lelaki dari Ratu Maria Pure Armonia yang memimpin Zanscare. Kemampuan hebat yang Usso miliki dalam pengendalian MS– yang berasal dari pengalaman bertahun-tahun memainkan alat simulasi MS (yang untuk suatu alasan terdapat) di rumahnya–membuat orang-orang League Militaire tanpa banyak pilihan menaruh harapan dan menyerahkan kendali Victory Gundam padanya.

  Dalam perjalanan ke luar angkasa demi mengadakan kontak dengan pemimpin League Militaire, Jinn Gehennam (yang identitas aslinya dirahasiakan) Usso yang sebenarnya enggan bertarung harus menghadapi kenyataan bahwa perempuan yang disukainya, Katejina Loos, memilih untuk berpihak pada ideologi Zanscare dan berbalik melawan League Militaire sesudah tertawan oleh Chronicle. Beban mental yang Usso tanggung semakin berat pada saat ia memahami latar belakang terbentuknya Zanscare serta apa sesungguhnya yang membentuk League Militaire.

  Pertempuran penentuan akhirnya pecah saat Zanscare menggunakan senjata Newtype Angel Halo yang dapat mempengaruhi pikiran seluruh manusia yang ada di Bumi. Maria dibunuh oleh penasihatnya, Fonse Kagatie. Sementara Usso yang menggunakan V2 Assault Gundam dengan sekuat tenaga mencari-cari Shakti yang sebelumnya terungkap jati dirinya sebagai putri Maria yang telah lama hilang. Tapi menghalangi jalan Usso adalah Chronicle dengan Rig-Contio dan Katejina dengan Rig-Shokew, yang setelah semua yang terjadi, bertekad menghabisinya dalam satu pertarungan terakhir.

  Meski dimulai dengan nuansa riang ala animasi-animasi Studio Ghibli, tema V Gundam secara perlahan tapi pasti berangsur semakin gelap dan berat. Kenegatifan yang mewarnai seri yang sangat kental dengan kematian ini konon berakar dari suasana hati sang sutradara, Yoshiyuki Tomino, yang tengah mengalami tekanan batin tatkala seri ini pertama dibuat (studio animasi Sunrise pada saat itu baru saja dijadikan bagian dari perusahaan mainan Bandai). Beliau bahkan sampai mengatakan bahwa ia tidak ingin orang-orang menonton seri ini. Meski demikian, terlepas dari kenegatifannya, dengan mengangkat aspek-aspek kemanusiaan, kekeluargaan, dan kedewasaan individu sebagai tema, serta akhir cerita yang menampilkan secercah cahaya harapan di ujung sana, sejumlah kalangan tetap memandang seri ini sebagai salah seri Gundam yang terbaik yang pernah ada

Mobile Fighter G Gundam (1994)
  Seri ini adalah seri Gundam AU (alternate universe – dunia lain) pertama yang dibuat, yang berarti bahwa ceritanya sepenuhnya terlepas dari sejarah Universal Century yang sebelumnya sudah terbentuk. Meski sempat menuai kontroversi karena sangat berbeda dari citra seri Gundam yang selama ini ada (G Gundam memiliki genre yang lebih ke arah super robot), seri ini lambat laun bisa diterima karena terbukti tetap mempertahankan unsur-unsur khas yang kerap ada dalam seri-seri Gundam.

  Dikisahkan pada tahun 60 Future Colony, setiap koloni luar angkasa yang ada merupakan representasi sebuah negara yang ada di Bumi. Neo Japan mewakili negara Jepang, Neo Indonesia mewakili Indonesia, Neo Rusia mewakil Rusia, dan sebagainya. Untuk menyelesaikan konflik-konflik antar negara, sebagai gantinya perang, diadakanlah kompetesi tahunan Gundam Fight di mana masing-masing negara mengirimkan seorang Gundam Fighter beserta Gundam-nya ke Bumi untuk bertarung dalam semacam pertandingan ilmu bela diri dan memperebutkan gelar juara. Tokoh utama seri ini adalah Domon Kasshu, yang datang ke Bumi sebagai wakil Neo Japan dengan membawa Gundam-nya, Shining Gundam, dengan jurus pamungkas andalannya, Shining Finger.
Dalam perjalanan, Domon selalu memperlihatkan selembar foto dan bertanya tentang lelaki yang ada di foto tersebut kepada setiap lawan bertarung yang dihadapinya. Lelaki tersebut rupanya adalah Kouji Kasshu, kakak kandung Domon yang tengah Domon buru berkenaan dengan insiden dilarikannya Ultimate Gundam yang telah menyebabkan kematian ibunya dan penahanan ayahnya.
Belakangan diketahui bahwa kabar burung tentang Devil Gundam, yang sel-selnya dapat mempengaruhi dan merombak ulang Gundam-Gundam yang lain, sebenarnya mengacu pada bentuk evolusi dari Ultimate Gundam. Domon kemudian mengetahui kebenaran sesungguhnya dari pengorbanan kakaknya dan berkat ajarannya, berhasil mengembangkan Shining Finger menjadi Shining Finger Sword. Dengan kemampuan barunya tersebut, Domon akhirnya berhasil mengalahkan Devil Gundam beserta Master Asia, gurunya sendiri yang telah korup akibat pengaruh sel DG.

  Tapi seiring dengan berlanjutnya Gundam Fight, Domon dan kawan-kawannya sesama Gundam Fighter kemudian mengetahui adanya pihak lain yang berupaya memanfaatkan kekuatan jahat yang dimiliki Devil Gundam untuk kepentingan mereka sendiri. Devil Gundam kemudian berasimilasi membentuk Devil Colony, dan semua Gundam Fighter yang sebelumnya berselisih akhirnya bertempur bersama-sama demi menyelamatkan Bumi. Domon yang kini menggunakan God Gundam harus menerobos masuk ke dalam Devil Colony demi membebaskan Rain Mikamura, mekanik sekaligus kekasihnya yang telah dijadikan inti dari Devil Gundam yang baru…
G Gundam dikenang karena meraih cukup banyak perhatian dari kalangan anak-anak dan penonton awam. Di kalangan penggemar sendiri, G Gundam diingat karena desain-desain mecha-nya yang ‘stereotipikal’, karakter-karakternya yang bervariasi, serta pendekatannya yang gamblang (meski terkadang konyol) terhadap tema-tema yang sebenarnya cukup berat.

Mobile Suit Gundam Wing (1995)
  Seri AU kedua yang Sunrise buat, sekaligus seri fenomenal yang dipandang memiliki sumbangan paling besar terhadap awal suksesnya franchise ini secara global.
Dikisahkan pada tahun 195 AC (After Colony), koloni-koloni luar angkasa hidup di bawah penindasan politik yang dilakukan oleh Aliansi Bumi Bersatu (istilah ini bener ga si?). Sebagai balasan atas berbagai tindak kekejaman yang telah Aliansi lakukan, Operation Meteor dicanangkan oleh suatu pihak di koloni untuk menghancurkan kesatuan khusus Oz, yang sebenarnya merupakan organisasi gelap yang dipandang bertanggung jawab atas kondisi perpolitikan Federasi saat ini. Seri ini bertutur tentang lima orang pemuda dari latar belakang berbeda yang telah dipersiapkan secara rahasia untuk menggunakan ‘Gundam,’ jenis MS berkekuatan dahsyat dengan teknologi paling mutakhir yang saat itu ada, yang menjadi inti dari operasi rahasia tersebut. Peran sentral seri ini terdapat pada pemuda misterius yang telah terlatih untuk menjadi prajurit yang sempurna, Heero Yuy, beserta MS-nya yang kemudian menjadi subjek perebutan, Wing Gundam.

  Heero dan keempat rekannya (Duo Maxwell dengan Gundam Deathscythe, Throwa Barton dengan Gundam HeavyarmsQuatre Raberba Winner dengan Gundam Sandrock, serta Chang Wu Fei dengan Gundam Shenlong) diluncurkan ke Bumi dan melakukan perlawanan gerilya di berbagai wilayah dengan Gundam masing-masing. Meski dihadapkan berbagai kendala, mereka secara perlahan mengetahui tentang keberadaan tentang satu sama lain dan mulai memahami makna sesungguhnya dari Operation Meteor. Namun Oz di bawah petunjuk Treize Kushrenada melancarkan kudeta terhadap kepemimpinan Aliansi dan menjadikan para pilot Gundam sebagai buronan baik di Bumi maupun di Koloni-koloni lewat kehebatannya memanipulasi informasi.
Harapan terakhir kemudian jatuh pada Releena Darlian, putri angkat diplomat yang Heero temui di Bumi, yang kemudian terungkap sebagai keturunan terakhir keluarga Peacecraft yang pernah memimpin Sanc Kingdom (Kerajaan Sanc). Negeri berpaham pacifist tersebut dihancurkan Oz di masa lalu karena besarnya pengaruh yang mereka miliki terhadap rakyat. Upaya untuk membangkitkan negeri itu kemudian menjadi jalan satu-satunya untuk menggalang kekuatan demi melawan Oz.  Masing-masing pilot Gundam menghadapi dilema dan tantangan mereka sendiri sebelum keikutsertaan mereka dalam upaya itu, yang akhirnya menggabungkan mereka bersama dalam satu faksi baru yang berupaya mewujudkan berakhirnya perang: Peacemillion.

  Konflik semakin memuncak saat Zechs Merquise, pilot as Oz yang menjadi rival Heero sekaligus terungkap juga sebagai kakak kandung Releena, dikhianati Oz dan akhirnya menjadi pemimpin faksi White Fang yang menentang berdirinya Negara Kesatuan Bumi (istilahnya bener ga si?). Dua senjata dahsyat yang menggunakan Zero System, Wing Gundam Zero yang digunakan Heero, dan Gundam Epyon yang digunakan Zechs, kembali berhadapan dalam satu konfrontasi besar yang akan menentukan nasib masa depan Bumi dan Koloni.

  Meski sering dinilai tidak memiliki cukup realisme untuk mengimbangi bobot temanya yang berat, dengan dramatisasi yang sangat kental serta tempo penceritaan yang teramat cepat, cerita berlapis yang Gundam Wing miliki dengan cepat menarik perhatian banyak kalangan. Seri TV-nya kemudian diringkas dalam bentuk empat video kompilasi bertajuk Operation Meteor. Karena sifat penceritaannya yang episodik, menurutku kesan yang ada pada seri TV-nya tak jauh berbeda dengan apa yang dipaparkan dalam video-video kompilasinya.

Mobile Suit Gundam: The 08th MS Team (1996)
  Seri OVA 13 episode yang dirilis menjelang akhir masa tayang Gundam Wing.
Dikisahkan pada tahun 0079 UC, perwira Federasi muda Shiro Amada dipindahtugaskan dari pangkalannya di Side 2 untuk memimpin Tim MS 8 di Bumi. Dalam suatu insiden yang terjadi dalam perjalanan, Shiro yang terdampar di luar angkasa bertemu dan menolong Aina Saharin, seorang gadis yang merupakan pilot MS bagi pihak Zeon. Shiro dan Aina menjadi tertarik terhadap satu sama lain selama mereka bekerjasama dalam menghubungi kedua unit pasukan masing-masing.
Keduanya bertemu kembali di tengah mengganasnya pertempuran antara tentara Federasi melawan Zeon di medan hutan belantara Bumi. Situasi antara kedua pihak tersebut diperrumit oleh keberadaan tentara gerilya yang dipelopori rakyat lokal. Shiro yang menggunakan  MS RX-79 Gundam harus berhadapan dengan Aina yang menjadi pilot tes dari MA Apsalas. Sesudah pertemuan mereka itu, keduanya sepakat bahwa mereka sama-sama tak ingin bertempur lagi.

  Namun keterlibatan Shiro dengan Aina akhirnya diketahui pihak atasan. Shiro yang sudah menanggung cukup banyak masalah dalam memimpin dan mempersatukan timnya dengan pihak gerilya, akhirnya dibebastugaskan setelah menjalani proses pengadilan. Meski demikian, ia tetap terjun ke medan pertempuran secara diam-diam. Hanya saja berbagai konsekuensi kemudian harus dihadapinya akibat semakin memuncaknya keengganannya untuk membunuh.

   Konflik mencapai puncaknya saat Miller menugaskan Tim 8 dalam misi mengintersepsi mundurnya pasukan Zeon. Diburu oleh waktu, Shiro yang kini menggunakan Gundam Ez-8 harus berhadapan kembali dengan Apsalas yang telah sempurna serta Ginias Saharin, kakak lelaki Aina yang ambisius. Di akhir cerita, teman-teman Shiro di Tim 8 berupaya mencari Shiro dan Aina yang menghilang, sebelum mengetahui bahwa kedamaian yang keduanya kini miliki lebih baik dibiarkan tak terusik oleh siapapun.

  The 08th MS Team, yang  menjadi salah satu side story dari Perang Satu Tahun ini, memiliki kedudukan khusus di hati fans karena tingginya aspek realisme dan kemiliteran yang seri ini miliki. Produksi OVA ini sempat menghadapi kendala akibat kematian mendadak staf sutradaranya akibat kecelakaan. Tapi sesudah beberapa lama, seri ini akhirnya terselesaikan dan sebagian episodenya dikompilasi dalam format layar lebar dengan subjudul Miller’s Report. Secara pribadi, versi OVA semula tetap lebih kusukai, meski sudut pandang yang diambil dalam Miller’s Report bagi beberapa orang akan cukup menarik untuk disimak.

After War Gundam X (1996)
  Seri ini merupakan seri AU ketiga yang Sunrise rilis. Perlu diperhatikan bahwa meski merupakan seri AU, Gundam X mengangkat tema-tema yang banyak dibicarakan dalam seri UC, terutama seputar Newtype dan evolusi manusia.

 Berlatar 15 tahun sesudah berlangsungnya Perang Luar Angkasa Ketujuh, yang berakhir dengan dijatuhkannya puluhan koloni luar angkasa ke Bumi, sebagian besar permukaan Bumi kini berupa padang-padang tandus yang hanya memiliki sedikit sisa peradaban yang dulu pernah ada. Tokoh utama seri ini adalah pemuda yatim piatu Garrod Ran bersama sang gadis Newtype, Tiffa Adill.
Upaya Garrod untuk melindungi Tiffa dari pihak-pihak yang berupaya mengambil manfaat atas kekuatannya membawanya pada salah satu unit Gundam X yang terbengkalai. Gundam X rupanya adalah tipe MS legendaris yang senjata Satellite Cannon-nya yang khusus Newtype telah memicu tragedi hancurnya peradaban manusia 15 tahun silam.

  Sesudah serangkaian kejadian, Garrod dan Tiffa akhirnya bergabung bersama awak-awak kapal Freeden pimpinan Jamil Neate. Di balik profesi mereka sebagai Vulture, awak-awak kapal Freeden memiliki maksud untuk mencari para Newtype yang masih tersisa dan melindungi mereka agar tak lagi digunakan sebagai alat perang. Bergerak berdasarkan petunjuk-petunjuk samar yang didapat dari kekuatan Tiffa, Garrod dan kawan-kawannya kemudian menjadi saksi dari berbagai sisa tragedi masa lalu yang dampaknya masih terasa hingga sekarang.

  Sepanjang perjalanan, mereka dibayang-bayangi oleh dua bersaudara misterius, Shagia Frost dan Olba Frost,  yang belakangan terungkap sebagai agen dari Panitia Pemulihan Bumi (istilahnya bener ga sih?) pimpinan Bloodman yang bermaksud untuk menggalang kekuatan demi mewujudkan terbentuknya Perserikatan Bumi (istilahnya bener ga si?) yang baru. Namun kenyataan bahwa Frost Bersaudara memiliki agenda mereka tersendiri akhirnya memicu pernyataan Perserikatan akan masih adanya musuh-musuh lama penduduk Bumi di luar angkasa.

  Garrod yang menggunakan Gundam Double X kemudian tiba di koloni luar angkasa Cloud Nine dan menjadi incaran Lancerow Dowell, rival lama Jamil. Hal itulah yang kemudian membuatnya terlibat dengan kelompok pemberontak Satelicon yang menentang pemerintahan Newtype-isme yang dijalankan Clound Nine pimpinan Zidel di luar angkasa. Semua pihak yang berserteru akhirnya bertemu dalam satu konfrontasi terakhir demi bisa mencapai  D.O.M.E., sumber segala kekuatan Newtype, yang kabarnya terdapat di Bulan. Pertempuran antara kedua pasukan akhirnya pecah kembali dan Zidel dan Bloodman sama-sama terbunuh akibat kelicikan Frost Bersaudara. Frost Bersaudara terungkap bukan Newtype, melainkan Category F, subjek percobaan gagal untuk ‘menciptakan’ Newtype. Lalu Garrod dengan diburu waktu dipaksa menembakkan Satellite Cannon untuk terakhir kali demi mencegah berlangsungnya sebuah tragedi kemanusiaan yang baru.
Gundam X menjadi salah satu seri Gundam yang kurang populer karena sejumlah alasan, di antaranya adalah aspek teledramanya berlebih. Tapi seiring dengan waktu, seri ini berhasil meraih kalangan penggemarnya tersendiri dan terus dikenang berkat pemaparan ceritanya yang jelas, nuansa latarnya yang sangat kuat, serta tokoh-tokohnya yang teramat simpatetik.

Mobile Suit Gundam Wing: Endless Waltz (1997)
  Endless Waltz berawal sebagai rangkaian OVA tiga episode yang dibuat sebagai tanggapan atas ketenaran yang Gundam Wing miliki. Ketiga episode tersebut kemudian dikompilasi dan dilengkapi lebih lanjut dalam format layar lebar berjudul sama. Perlu diperhatikan bahwa ini adalah kali pertama sebuah seri AU mendapat sekuel.

  Kisahnya sendiri berlatar pada tahun 196 After Colony. Di tengah upaya global untuk memusnahkan senjata-senjata perang,  Dekim Barton, penggagas sesungguhnya dari Operation Meteor, memulai kudeta untuk menggantikan kedudukan Releena Peacecraft sebagai pemimpin dengan Marimeia Kushrenada, putri dari mendiang Treize Kushrenada. Ia bermaksud melancarkan serangan besar-besaran dari koloni luar angkasa MO III dengan jenis MS produksi massal baru yang canggih, Serpent. Yang masih tersisa dalam menghalangi jalannya hanyalah para pilot Gundam yang muncul kembali dalam upaya melindungi Releena, serta kelompok Preventer yang misterius.
Quatre Raberba Winner berjuang untuk mengambil kembali Gundam-Gundam mereka. Chang Wu Fei dan Throwa Barton tidak diketahui keberadaannya. Sementara Heero Yuy dan Duo Maxwell menyusup ke MO III demi mengetahui kebenaran dari apa sesungguhnya yang terjadi. Tapi Heero, yang kemudian mendapatkan Wing Gundam Zero Custom miliknya kembali, menghadapi dilema saat mengetahui apa sesungguhnya akar dari kebencian yang kini ia hadapi…
Kisah yang berperan sebagai prekuel sekaligus sekuel dari seri TV Gundam Wing ini menuai perhatian bukan hanya karena kedudukannya sebagai penutup kisah, melainkan juga karena desain-desain baru yang dimiliki mecha-mechanya. Versi layar lebar memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan versi OVA. Mereka yang belum menikmati seri TV-nya sampai tuntas tidak disarankan untuk menonton ini.

Turn A Gundam (1999)
Seri TV yang ‘tak lazim’ ini menandai kembalinya Yoshiyuki Tomino sebagai sutradara utama seri TV semenjak berakhirnya V Gundam, sekaligus menjadi bentuk upaya beliau untuk menutup rangkaian franchise ini yang telah mencapai usia 20 tahun.

  Berlatar di zaman Seireki (Correct Century) yang menyerupai awal masa Revolusi Industri, Loran Cehack beserta sejumlah remaja lain diutus ke Bumi sebagai mata-mata oleh bangsa Moonrace yang hidup di bawah permukaan Bulan. Tanpa sepengetahuan orang-orang Bumi, bangsa Moonrace adalah manusia-manusia yang masih memiliki sisa-sisa dari teknologi dan peradaban maju yang pernah ada di masa lalu. Upaya bangsa Moonrace untuk berpindah kembali ke Bumi dipelopori oleh pemimpin mereka, Ratu Dianna Sorrel. Tapi upaya tersebut menemui banyak kendala hingga akhirnya pecahlah pertikaian. Memegang peran sentral dalam pertikaian ini adalah Kihel Heim, putri majikan Loran, yang kemiripannya dengan Dianna membuatnya berada dalam posisi sang ratu.
Loran menghadapi dilema saat dirinya diandalkan untuk mengendalikan Turn A Gundam, MS misterius yang tanpa sengaja ia temukan pada saat penyerangan berlangsung. Konflik antara orang-orang Bumi dan Moonrace semakin memuncak saat orang-orang Bumi mulai menemukan MS-MS yang bisa mereka gunakan sendiri, seperti Zaku dan Kapool, yang terkubur di wilayah-wilayah yang disebut Mountain Cycle.

  Menyadari adanya pihak yang secara diam-diam menginginkan terjadinya perang, orang-orang Bumi berangkat menuju Bulan dengan menggunakan kapal luar angkasa Wilgem yang juga mereka temukan di Mountain Cycle. Di Bulan mereka berhadapan dengan wakil Dianna, Agrippa Maintainer, dan mengetahui kebenaran tentang Sejarah Gelap yang dirahasiakan secara erat.
Di penghujung cerita, Loran, yang akhirnya mendapatkan kendali atas Turn A Gundam kembali, berhadapan dengan panglima perang Moonrace Gym Ghingnham yang telah membangkitkan Turn X Gundam yang merupakan kembaran dari Turn A. Keduanya kemudian bertarung dengan mempertaruhkan keyakinan masing-masing akan sifat dan cita-cita masa depan umat manusia yang sesungguhnya.

  Turn A Gundam memiliki nuansa yang sangat berbeda dibandingkan seri animasi apapun(!) yang pernah ada. Dengan cerita yang tak hanya lebih berat ke sisi drama kehidupan (sekalipun masih diimbangi dengan adegan-adegan aksi yang cukup memadai), ceritanya menampilkan unsur-unsur yang sebelumnya tak terpikirkan untuk ada dalam sebuah anime mecha. Kenyataan ini semakin dipertegas oleh desain-desain mecha eksotis rancangan Syd Mead yang mewarnai seri ini. Pada awal kemunculannya, seri ini juga menuai pertanyaan berkenaan zaman persisnya seri ini berlangsung, mempertimbangkan kemunculan Zaku dan Kapool dari seri Gundam klasik dalam seri ini. Karena ‘keanehannya,’ hanya kalangan penggemar tertentu saja yang bisa menikmati seri ini secara penuh. Tapi sejauh yang bisa terlihat, kalangan penggemar tersebut konon lebih bisa menikmati seri ini dibandingkan sebagian besar seri Gundam lain dan menganggapnya sebagai salah satu seri Gundam terbaik sepanjang masa.

G-Saviour (2000)
G-Saviour pada dasarnya merupakan film live-action berdurasi 90 menit yang diproduksi melalui kerjasama antara Bandai dengan sebuah studio film di Canada. Film ini dibuat lebih dengan maksud sebagai suatu bentuk eksperimentasi belaka.
Berlatar di tahun 218 UC, pada masa ketika Federasi telah ambrol dan digantikan oleh CONSENT, Kongres Negara-negara Koloni Luar Angkasa, G-Saviour berkisah tentang perebutan sampel biolumiscence yang diyakini dapat memecahkan masalah kekurangan pangan yang tengah berlangsung di Koloni-koloni, namun menggagalkan upaya monopoli ekonomi yang hendak dilakukan pemerintahan Bumi. Tokoh utamanya adalah Mark Curran, bekas pilot MS militer yang terlibat dalam perebutan ini sesudah pertemuannya dengan ilmuwan Cynthia Graves. Sesudah mengadakan kontak dengan kelompok pemberontak Illuminati, Mark kemudian diserahi MS baru yang menjadi andalan mereka, G-Saviour, dan turut bergabung dalam perlawanan terhadap CONSENT.
Meski sejumlah penonton awam menilai film ini memiliki mutu cukup baik bila mempertimbangkan keterbatasan biaya produksi yang ada, film live-action ini secara terang-terangan mendapat penilaian buruk di mata sebagian besar penggemar Gundam karena tidak memiliki ‘kedalaman’ yang lazimnya ada dalam seri-seri sebelumnya. Terdapat suatu ketidaksesuaian tingkat teknologi pada animasi mecha-nya dengan latar yang seharusnya, inti ceritanya tidak menyebutkan apapun mengenai sejarah Universal Century sebelumnya, dan kata ‘Gundam’ juga tidak sekalipun disebut dalam live-action ini. Dengan demikian, meski desain-desain mecha baru yang ditampilkannya sempat menarik perhatian penggemar, G-Saviour secara umum tidak dipandang sebagai suatu instalasi cerita yang canon.
Mobile Suit Gundam SEED (2002)
Gundam SEED merupakan seri Gundam sangat terkenal yang dibuat dengan tujuan untuk memperkenalkan franchise ini pada abad kedua puluh satu.
Berlatar pada tahun Cosmic Era 71, peperangan tengah berlangsung antara pasukan Aliansi Bumi yang terdiri atas ras manusia normal Natural; dengan ZAFT, pasukan militer koloni-koloni luar angkasa PLANT yang terdiri atas ras manusia yang telah dimodifikasi genetik untuk menjadi lebih superior, Coordinator. Dikisahkan sesudah serangan nuklir yang dilancarkan terhadap koloni luar angkasa Junius Seven, ZAFT melakukan balasan dengan menjatuhkan modul-modul N-Jammer yang menyebabkan berlangsungnya krisis energi di Bumi. Tokoh utama seri ini adalah pemuda Coordinator generasi pertama Kira Yamato, yang dengan enggan harus berhadapan dengan sahabat lamanya, Athrun Zala, yang kini telah menjadi bagian dari tentara ZAFT.
Kira yang sebelumnya bersekolah di koloni luar angkasa Heliopolis milik negara netral Uni Emirat Orb, terlibat dalam peperangan saat Heliopolis diserang pasukan ZAFT pimpinan Raww Le Creuset. Heliopolis diduga secara tepat sebagai tempat di mana senjata baru Aliansi diam-diam tengah dikembangkan. Dalam kekacauan yang terjadi, Kira dan Athrun bertemu kembali. Lalu karena desakan keadaan, Kira dengan nekat menulis ulang program OS salah satu dari lima Gundam yang hendak ZAFT curi demi melindungi keselamatan dirinya dan teman-temannya. Kira akhirnya diharuskan menjadi pilot dari Strike Gundam selama ia dan teman-temannya yang menjadi bagian dari kapal induk Archangel dalam pelarian mereka ke Bumi.
Tokoh-tokoh lain yang berperan penting dalam seri ini meliputi pilot MA tangguh Mwu La Flaga, yang menjadi semacam mentor bagi Kira; perwira wanita Murrue Ramius, yang menjadi pemimpin darurat di kapal Archangel; Lacus Clyne, putri politisi Siegel Clyne, tunangan Athrun, sekaligus penyanyi ternama yang diidolakan di PLANT; Fllay Alster, teman sekolah Kira yang memegang peranan sentral dalam konflik akibat kenyataan bahwa Kira seorang Coordinator; serta Cagalli Yula Atha, gadis misterius yang Kira temui di Heliopolis, yang belakangan diketahui sebagai putri seorang petinggi di Orb, yang kemudian menjadi pembuka jalan bagi Archangel untuk mencari perlindungan di negara netral tersebut.
Menjelang akhir cerita, Kira kemudian mengetahui bahwa dirinya merupakan produk dari proyek untuk menghasilkan Coordinator sempurna, yang pernah dicanangkan ayah Mwu, Al De Fllaga. Kira sebenarnya juga adalah saudara kembar Cagalli yang terpisah darinya sewaktu kecil sesudah diadopsi oleh keluarga berbeda. Bersama kenyataan tersebut, Kira juga mengetahui motif sesungguhnya dari Creuset yang akar kebenciannya terhadap seisi dunia dan Mwu berawal dari proyek ini.
Konflik terakhir seri ini berlangsung di benteng luar angkasa Jachin Due, saat teknologi N-Jammer Canceller milik ZAFT yang memungkinkan digunakannya kembali tenaga nuklir bocor ke tangan Aliansi. Pihak Aliansi yang dimotori organisasi radikal Blue Cosmos pimpinan Murata Azrael kembali menggunakan senjata pemusnah massal untuk melakukan penghapusan ras. Sementara pihak ZAFT pimpinan Patrick Zala juga melakukan hal yang sama. Hanya awak kapal Archangel bersama sekutu-sekutunya yang telah memisahkan diri dari kedua belah pihak yang dapat mencegah kematian jutaan penduduk sipil di antara mereka. Kira, yang oleh Lacus telah diserahi Freedom Gundam yang bertenaga nuklir, akhirnya berhadapan dengan Providence Gundam yang digunakan Creuset. Sedangkan Athrun yang menggunakan Justice Gundam, dengan ditemani Cagalli yang menggunakan Strike Rouge, berpacu melawan waktu demi menghentikan kegilaan ayahnya sendiri…
Seri ini menuai kesuksesan besar secara internasional dan menandai ketenaran kembali franchise ini semenjak berakhirnya era Gundam Wing. Dinamisnya hubungan persahabatan, saling membenci, yang berakhir dengan sikap saling menerima dan memaafkan antara Kira dan Athrun menjadi daya tarik utama dari seri ini. Seri ini juga dengan gamblang mengangkat isu-isu soal perbedaan antar ras dan konflik antar ideologi. Meski demikian, sebagian pemerhati memberi seri ini penilaian negatif akibat alur plotnya yang terlalu mengadaptasi plot dari Gundam 0079, serta perkembangan karakter dan ceritanya yang dangkal dan tidak realistis. Tapi meski demikian, kepopuleran yang Gundam SEED raih sama sekali tak dapat disangkal lagi. Versi kompilasi-nya yang terdiri atas empat episode sedikit lebih direkomendasikan dibandingkan seri TV-nya.
MS Igloo: The Hidden One Year War (2004)
MS Igloo merupakan tayangan OVA tiga episode yang sepenuhnya dibuat dalam bentuk CG. Sasaran pembuatan OVA ini adalah para penggemar Gundam fanatik pada era UC yang kini sudah berusia dewasa.
Berlatar pada masa berlangsungnya Perang Satu Tahun, OVA ini menuturkan pengalaman awak-awak kapal Jotunheim yang ditugaskan oleh Zeon dalam mengujicoba senjata-senjata baru. Persoalan timbul karena seiring dengan memanasnya peperangan dengan Federasi Bumi, tuntutan akan dihasilkannya proyek-proyek pengembangan senjata yang baru mendapatkan prioritas lebih dibandingkan tuntutan akan terselesaikannya proyek-proyek yang sudah ada.
Dengan senjata-senjata ‘asal jadi’ yang harus mereka uji coba, awak-awak kapal Jotunheim menjadi saksi langsung akan saat-saat terakhir sejumlah pilot heroik yang mengorbankan nyawa mereka demi idealisme Zeon yang teramat mereka percayai. Tokoh sentral dalam seri ini adalah sang insinyur muda yang mengawasi setiap proyek pengembangan, Oliver May.
Dengan nuansa realisme yang sangat kental, serta sudut pandang dari pihak Zeon yang untuk pertama kalinya dipaparkan dalam bentuk animasi, seri ini menuai tanggapan sangat positif, yang berujung pada dilipatgandakannya jumlah episode yang semula direncanakan. Seri ini juga dikenal karena untuk pertama kalinya memaparkan beberapa kejadian penting dalam sejarah UC yang belum pernah dianimasikan sebelumnya. Di antaranya adalah Battle of Lourn (Pertempuran Lourn) yang menjadi awal mula luluh lantaknya koloni-koloni luar angkasa di Side 1. Penggemar berat era Universal Century sebaiknya tak melewatkan seri ini.
Mobile Suit Gundam SEED Destiny (2004)
Kepopuleran Gundam SEED memungkinkannya meraih sekuel dalam bentuk seri TV baru. Gundam SEED Destiny menjadi kali pertama sebuah seri AU mendapatkan sekuel berupa seri TV lagi.
Dikisahkan bahwa Cagalli Yula Atha sebagai wakil dari Uni Emirat Orb mengunjungi pangkalan Armory One di PLANT untuk membahas soal tenaga kerja bangsanya yang terlibat dalam proyek pengembangan MS baru. Ditemani Athrun Zala yang menyamar, Cagalli kemudian menjadi saksi langsung pembajakan tiga Gundam baru oleh pasukan khusus Phantom Pain dari Aliansi Bumi pimpinan lelaki bertopeng Neo Lorrnoke. Dalam pengejaran yang berlangsung dengan kapal induk Minerva yang baru, Cagalli dan Athrun bertemu dengan Shinn Asuka, pilot muda asal Orb yang dipercaya sebagai pengemudi Impulse Gundam, satu-satunya Gundam baru yang tak tercuri.
Tapi pengejaran tersebut terhenti saat suatu kelompok Coordinator garis keras menggerakkan puing-puing koloni luar angkasa Junius Seven ke arah Bumi, menciptakan sebuah bencana berskala global yang akhirnya menjadi pemicu peperangan yang baru. Athrun yang diliputi kebimbangan akibat ideologi mendiang ayahnya, memutuskan untuk bergabung kembali dengan ZAFT, sekalipun keputusannya tersebut ditentang oleh sahabat baiknya, Kira Yamato.
Bersama kapten kapal Minerva, Talia Gladys, Athrun diserahi kepercayaan sebagai anggota FAITH, yang memiliki wewenang yang sama dengan kepala PLANT, Gilbert Durindal sendiri. Bersama Shinn dan kawan-kawannya, Athrun yang dipercayai Saviour Gundam bertempur melawan pasukan Aliansi yang secara paksa menanamkan kekuasaan mereka terhadap negara-negara lain di Bumi.
Upaya pembunuhan terhadap Lacus Clyne sekaligus keberadaan tiruannya di PLANT, Meer Campbell, kemudian mendorong sisa awak kapal Archangel untuk turut bergerak. Karena sikap menentang mereka terhadap kedua belah pihak yang berperang, Kira dan Athrun harus kembali saling berhadapan di medan perang.
Sementara itu, Durindal kemudian membuka tabir keberadaan masyarakat rahasia Logos, yang berada di balik pemerintahan Aliansi sekaligus menjadi orang-orang yang bertanggung jawab atas segala peperangan yang pernah terjadi di muka bumi. Athrun akhirnya diburu karena dianggap mengetahui terlalu banyak. Sementara konflik semakin memuncak dengan diburunya pimpinan Logos, Lord Djibril yang juga merupakan pemimpin Blue Cosmos.
Konfrontasi terakhir berlangsung saat Durindal mengungkapkan pelaksanaan Destiny Plan, yang pada dasarnya memberinya kekuasaan atas dunia. Kira dengan Strike Freedom akhirnya berhadapan dengan Rey Za Burrel, rekan Shinn sekaligus klon Creuset yang menggunakan Legend Gundam. Sedangkan Athrun yang memakai Infinite Justice harus berhadapan dengan Shinn yang menggunakan Destiny Gundam. Kemarahan Shinn akibat kematian pilot Phantom Pain Stella Louisser yang dicintainya telah mengubahnya menjadi lawan yang teramat mengerikan. Durindal dan Talia yang pernah memiliki hubungan asmara akhirnya tewas dalam reruntuhan Jachin Due bersama Rey. Sementara pemerintahan dan perjanjian damai baru kembali terbentuk antara PLANT dan Aliansi, Shinn dan Kira, dengan ditemani Athrun dan kawan masing-masing, mengesampingkan masa lalu yang pernah terjadi dan berjabatan tangan di memorial tragedi yang pernah menimpa Orb.
Seri ini menuai kritikan teramat pedas berkenaan buruknya eksekusi dan pengembangan cerita. Hal ini konon dikarenakan sakitnya penulis skenario utama selama berkepanjangan. Meski pada akhirnya tidak sepopuler seri pendahulunya, SEED Destiny tetap menuai kesuksesan dalam bentuk rating dan penjualan DVD, dan menegaskan bagi penggemar pengembangan penanggalan CE ke tingkat yang mendekati penanggalan UC. Karena kendala-kendala yang dialami dalam proses produksinya, versi kompilasi empat episode Gundam SEED Destiny jauh lebih direkomendasikan dibandingkan seri TV-nya.
MS Igloo: Apocalypse 0079 (2005)
OVA tiga episode yang menjadi paruh penutup dari seri MS Igloo.
Berlatar di paruh akhir Perang Satu Tahun, pada pelaksanaan Operasi Odessa hingga pertempuran terakhir di A Baoa Qu,  ‘kutukan’ kematian test pilot yang menaungi awak-awak kapal Jotunheim masih terus berlanjut. Seri ini mencapai klimaksnya saat Oliver May sendiri yang diperintahkan untuk mengujicoba senjata terbaru buatan Zeon, Big Rang, demi mendukung keselamatan puluhan nyawa tentara muda yang membentuk pasukan mobile pod mereka…
Dengan kualitas animasi CG yang sedikit lebih baik dibandingkan paruh sebelumnya, seri ini pun sebaiknya tak dilewatkan oleh para penggemar era UC.
Mobile Suit Gundam SEED CE 73: Stargazer (2005)
Tiga episode ONA pendek yang menjadi cerita sampingan dari Gundam SEED Destiny dan ditayangkan sesudah seri tersebut berakhir.
Mengisahkan tentang pilot muda pasukan khusus Phantom Pain dari Aliansi Bumi, Sven Cal Payang, yang mengemudikan MS Strike Noir, ditugaskan untuk menyerang instalasi penelitian DSSD di luar angkasa demi merebut teknologi penjelajahan antariksa baru yang diteliti oleh Selene McGriff. Teknologi ini terkandung dalam MS baru bernama Stargazer.
Berlangsung pada masa yang sama dengan berlangsungnya kejadian-kejadian dalam serial TV, seri ini memaparkan secara efektif masa lalu dan latar belakang tiap karakter sebelum berlangsungnya misi penentuan yang dimaksud. Temanya berkisar seputar penerimaan diri atas kenyataan masa lalu.
Karena ditangani oleh staf yang berbeda, tiga episode ini memiliki nuansa yang teramat berbeda pula dari seri televisinya. Sejumlah penggemar menilai bahwa realisme yang ditampakkannya merupakan hal terbaik yang pernah ditambahkan dalam sebuah cerita berlatar CE, dan menyayangkan mengapa cerita ini tidak lebih panjang. Sekitar setahun berikutnya, ketiga episode ini dikompilasi ke dalam bentuk DVD, dan secara keseluruhan mendapatkan tambahan durasi sekitar 20 menit, dengan durasi total nyaris satu jam. Versi DVD ini jelas lebih direkomendasi karena memaparkan sudut pandang masing-masing karakter secara lebih tuntas.
Mobile Suit Gundam 00 (2007)
Seri televisi Gundam baru yang secara mengejutkan menggunakan penanggalan Anno Domini (Masehi).
Dikisahkan pada tahun 2317, negara-negara yang ada di dunia secara garis besar telah terbagi menjadi tiga blok kekuatan utama. Masing-masing blok memiliki kepemilikan atas salah satu dari tiga Orbital Elevator—menara-menara tinggi yang menjangkau ke luar angkasa, yang terhubung dengan sebuah cincin orbital yang mengelilingi Bumi dan menjadi sumber penghasil energi utama bagi dunia dari tenaga surya.
Konflik di berbagai belahan dunia masih terjadi berkenaan pembagian manfaat dari menara-menara itu. Hingga munculnya sebuah organisasi paramiliter misterius bernama Celestial Being, yang secara paksa mengintervensi setiap konflik yang berlangsung atas nama perdamaian, dengan menggunakan empat unit Gundam—jenis MS canggih dengan teknologi puluhan tahun lebih maju dari sebagian besar teknologi yang ada di dunia. Teknologi GN Drive yang Gundam miliki terungkap merupakan buah pikiran ilmuwan fenomenal Aeolia Schenberg, yang diyakini telah wafat dua abad sebelumnya, namun disebut-sebut berada di balik pembentukan organisasi ini. Tokoh utama seri ini adalah bekas tentara anak-anak dari Timur Tengah, Setsuna F. Seiei, yang telah dipilih superkomputer kuantum Veda untuk menjadi Gundam Meister termuda dari Celestial Being, yang dipercaya mewujudkan ideologi Aeolia dengan menggunakan Gundam Exia.
Ketiga faksi yang ada akhirnya sepakat untuk bekerjasama dalam sebuah operasi militer gabungan di Gurun Taklamakan demi memerangkap keempat Gundam. Tapi hal ini malah memicu kemunculan Team Trinity, yang menggunakan tiga Gundam Throne baru dengan GN Drive tiruan berwarna merah, yang kemudian ditunjuk Veda untuk menggantikan peran tim utama dalam menjalankan intervensi. Namun tindak-tindak tak berperikemanusiaan Team Trinity memicu pertentangan keras dari tim utama, sampai Setsuna dan kawan-kawannya akhirnya menyadari kemungkinan bahwa Veda telah dibajak.
Pertempuran terakhir pecah di luar angkasa saat kapal induk tim utama Celestial Being, Ptolemaios terdesak oleh pasukan gabungan PBB. Akibat pengkhianatan Alejandro Corner, duta besar PBB yang sekaligus menjadi salah satu Observer bagi Celestial Being,  30 unit MS GN-X yang ditenagai GN Drive tiruan jatuh ke tangan pasukan gabungan dan menjadi tandingan seimbang bagi keempat Gundam. Terpisah dari rekan-rekannya yang lain, Setsuna, yang Gundam Exia miliknya telah dilengkapi perlengkapan MA khusus untuk membentuk GN Armor Type E, kemudian harus berhadapan dengan Alejandro yang menggunakan Alvatore, MA berkekuatan dahsyat yang diam-diam telah dikembangkannya demi menuntaskan pengkhianatannya…
Ditayangkan sesudah berakhirnya musim tayang pertama Code Geass: Lelouch of the Rebellion, Gundam 00 memicu kembali perhatian para penggemar Gundam dengan kemasan cerita yang ’beda’ serta desain mecha yang sangat bervariasi. Meski sempat mendapat tanggapan negatif akibat desain para karakter utamanya yang ‘cantik,’ bobot cerita yang seri ini miliki dipandang sebagai penyegaran dari seri-seri mecha yang tengah ada. Seri yang dinilai mengadopsi konsep awal Gundam Wing ini sekaligus juga menjadi seri Gundam pertama yang dibuat dengan kualitas HD.
MS Igloo 2:The Gravity Front (2008)
Tiga episode OVA pendek ini menjadi sekuel dari keenam episode MS Igloo yang pertama. Meski mempertahankan nuansa dan bentuk cerita yang seri sebelumnya miliki, fokus seri ini berada pada para pejuang di pihak Federasi Bumi.
Dikisahkan bahwa pada Perang Satu Tahun, pihak Zeon mendapatkan keunggulan lebih akibat teknologi MS yang mereka miliki. Meski pihak Federasi belakangan mulai bisa mengembangkan MS mereka sendiri, pada kenyataannya mereka tetap terdesak akibat kendala jumlah. Seri ini memaparkan pengalaman sejumlah prajurit rendahan di tengah neraka medan perang di mana mereka harus menjalankan operasi-operasi yang dinilai ‘gila’ dari atasan-atasan mereka. Tapi kesemuanya dihantui oleh fenomena Dewa Kematian yang bisa jadi merupakan wujud kemarahan dari para pendahulu mereka yang tewas…
Meski mengetengahkan resep ‘pengenalan senjata’ yang sama, seri ini mengetengahkan nuansa baru dengan hadirnya aspek supernatural dalam sosok sang Dewa Kematian. Seri ini juga menghadirkan karakterisasi yang lebih kaya, karena masing-masing tokoh yang disorot memiliki penyesalan dan dendam mereka sendiri-sendiri. Dengan aspek realisme dan perang dunia-nya yang kental, mereka yang menyukai seri MS Igloo yang pertama tak memiliki alasan untuk melewatkan seri ini.
Mobile Suit Gundam 00 (Season 2, 2009)
Season kedua Gundam 00 yang sejak awal direncanakan sebagai paruh akhir penuntas cerita.
Empat tahun sesudah kehancuran organisasi paramiliter Celestial Being, sebagian besar pemerintahan dunia bersatu di bawah bendera Federasi Bumi. Tapi di belahan-belahan dunia tertentu, kekacauan masih terus terjadi akibat tertindasnya negara-negara miskin yang tak memiliki akses terhadap energi surya dari ketiga Orbital Elevator oleh pasukan otonomi khusus A-LAWS yang bertindak sewenang-wenang tanpa perikemanusiaan. Di balik pemerintahan Federasi Bumi saat ini, terdapat kelompok manusia istimewa Innovator pimpinan Ribbons Almark, yang merupakan dalang sesungguhnya dari pengkhianatan Alejandro Corner pada musim lalu.
Setsuna F. Seiei bergabung kembali dengan sisa teman-teman lamanya di kapal induk Ptolemaios II, dan menjadi Gundam Meister dari 00 Gundam, Gundam baru yang menjadi harapan terakhir mereka untuk mengembalikan dunia ke bentuk yang semestinya.
Sesudah berbagai pertempuran dengan A-LAWS, dilanda keraguan tentang apa sesungguhnya yang menjadi alasan mengapa mereka terbentuk, Celestial Being yang baru semakin mendekati kebenaran sesungguhnya dari rencana yang telah Aeolia Schenberg persiapkan untuk mereka semua. Pertempuran terakhir pecah di kapal induk raksasa Celestial Being, di mana Setsuna yang menggunakan dengan 00 Raiser, wujud 00 Gundam yang sudah sempurna, berhadapan dengan Reborns Gundam/Cannon milik Ribbons yang berhasil mengimplementasi kecanggihan teknologi yang sama. A-LAWS akhirnya berhasil digulingkan, para petingginya diadili, dan sebuah pemerintahan baru di Bumi pun terbentuk. Tapi apa yang dicita-citakan Aeolia masih belum sepenuhnya terwujud, dan apapun yang direncanakannya masih akan terus berlanjut…
Tingginya tuntutan penggemar terhadap seri ini konon mempengaruhi kinerja tim produksi. Serupa dengan apa yang dialami oleh Code Geass: Lelouch of the Rebellion R2, sebagian kalangan menyayangkan kualitas cerita season ini yang bukan hanya tidak sebaik cerita pada season sebelumnya, tetapi juga menyisakan banyak pertanyaan yang belum terjawab. Tapi harapan penggemar sedikit terobati dengan pengumuman dibuatnya sekuel film layar lebar pada tahun 2010.
Mobile Suit Gundam Unicorn (2010)
  Diumumkan semenjak tahun 2009, seri OVA yang diangkat dari seri novel terkenal berjudul sama ini menandai dianimasikannya kembali era Universal Century.

  Berlatar pada tahun 0096 UC, sesudah film layar Char’s Counterattack dan sebelum Gundam F91, seri ini memaparkan petualangan pemuda Newtype Banagher Links yang terlibat dalam pertikaian menyangkut Kotak Laplace sesudah pertemuannya dengan Audrey Burne, yang sesungguhnya adalah Mineva Leo Zabi, keturunan terakhir keluarga pemimpin Zeon yang telah lama menghilang.
Seolah telah ditakdirkan, Banagher diserahi MS canggih Unicorn Gundam dari mendiang ayahnya,  yang di dalamnya terkandung kunci untuk memecahkan teka-teki berkenaan kotak yang isinya konon dapat menjadi kunci untuk menggulingkan kekuasaan Federasi Bumi tersebut. Turut mengincar Kotak Laplace adalah sisa kelompok Zeon berjulukan The Sleeves yang dipimpin lelaki bertopeng misterius Full Frontal, beserta pasukan khusus Londo Bell yang bernaung di bawah Federasi.
Belum banyak yang bisa dikatakan berkenaan seri ini sehubungan dengan statusnya yang teramat baru. Tapi episode pertamanya yang berdurasi satu jam memiliki kualitas yang sangat menjanjikan, mengindikasikan bahwa seri ini sangat mungkin menjadi seri Gundam terbaik yang pernah ada.

Mobile Suit Gundam 00 the Movie: A wakening of the Trailblazer (2010)
  Film layar lebar yang menutup cerita Gundam 00, diumumkan pada akhir episode terakhir season kedua dari seri TV-nya. Mendapat premier di Jepang, Singapura, sekaligus Amerika, dengan subtitel berbahasa Inggris, movie ini menjadi salah satu film layar lebar anime pertama yang mendapat rilis langsung secara internasional.

  Dikisahkan bahwa dua tahun sesudah kekalahan Ribbons Almark, konflik di dunia masih belum sepenuhnya berakhir. Kelompok paramiliter Celestial Being masih bergerak dari balik layar. Federasi Bumi (Earth Sphere Federation, atau ESF) dengan dukungan kaum Innovator serta superkomputer Veda telah menjalankan politik antikekerasan untuk mempersatukan Bumi dengan cara yang damai.

  Bumi kemudian jatuh ke dalam ancaman dari sebentuk kehidupan asing yang dapat berubah wujud, yang belakangan diberi nama Extraterrestrial Living-metal Shapeshifter atau ELS, yang kehadirannya telah diramalkan berabad-abad sebelumnya oleh ilmuwan fenomenal Aeoila Schenberg. Melalui pecahan stasiun penelitian terbengkalai misterius dari Jupiter yang dihancurkan oleh utusan Federasi, Descartes Shaman, ELS akhirnya tiba di Bumi dan memicu kepanikan massal. Orang-orang yang memiliki gelombang otak kuantum secara bersamaan menjadi sasaran upaya asimilasi yang dilakukan ELS.

  Celestial Being turun tangan membantu Federasi sesudah Lockon Stratos berhasil menemukan jejak keberadaan dua rekan mereka, Allelujah Haptism dan Marie Parfacy. Namun upaya mereka tak berjalan mulus akibat interferensi gelombang otak kuantum yang semakin sering Setsuna F. Seiei alami. Tieria Erde terpaksa mengorbankan jasad fisiknya kembali untuk memberi kesempatan bagi Celestial Being untuk meloloskan diri.

  Keadaan semakin genting tatkala seluruh populasi manusia yang ada di Bumi terpaksa dievakuasi. Pasukan Federasi dan Celestial Being akhirnya berkerjasama untuk melakukan penyerangan terakhir ke superstruktur yang telah ELS bangun di orbit Jupiter dengan kapal induk raksasa Celestial Being. Berkat dukungan teman-temannya, dengan menggunakan Quantum System yang terpasang pada 00 Quan[T]—yang memungkinkan penanganan arus informasi berskala sangat besar berkat koneksi terminal mini Veda—Setsuna akhirnya berhasil menjalin ‘dialog’ dengan ELS dan mengakhiri berjalannya pertempuran.

  Dengan terwujudnya rencana Aeolia untuk menyatukan umat manusia, Setsuna dan Tieria beserta 00 Quan[T] diteleportasi ke planet asal ELS. Baru lima puluh tahun kemudian, tatkala Klaus Grado yang kini telah renta memimpin ekspedisi ke luar angkasa bersama sekelompok Innovator sebagai awak-awak kapal, Setsuna mengunjungi Marina Ismail kembali dan memenuhi janji lamanya untuk bertemu satu sama lain satu kali lagi.

  Film ini mendapat tanggapan yang  ‘beragam’ akibat dimasukkannya tema ‘alien’ ke dalam cerita.  Penggarapannya yang serius dan adegan-adegannya yang sarat aksi mungkin bisa mengimbangi sedikit kekurangannya dari segi cerita. Tapi saya pribadi  kecewa dengan arah perkembangan ini. Banyak komentar yang menyayangkan penuntasan konfliknya, dan banyak yang berpendapat bahwa karakterisasinya sebenarnya bisa digali lebih banyak lagi.  Tapi bila kau menggemari anime mecha secara umum dan menyukai kedua season Gundam 00, kurasa tak ada alasan untuk tak menyaksikan film yang pada masanya sangat menarik perhatian ini.

Mobile Suit Gundam AGE (2011)
Seri Gundam baru yang dibuat dengan kerjasama antara Sunrise dan perusahaan pengembang game Level 5. Pemimpin Level 5, Akihiro Hino, turut terlibat dalam pembuatan animenya sebagai salah seorang pencetus cerita. Bersama anime-nya, seri ini dikembangkan dalam bentuk media-media lain seperti game dan komik. Seri ini menuai cukup banyak sensasi di kalangan penggemar karena sasaran pemirsa utamanya adalah anak-anak.

  Dikisahkan, masa lalu yang penuh peperangan antara pemerintahan Bumi dan koloni-koloni luar angkasa telah lama berlalu. Tetapi perdamaian yang telah tercipta tersebut terusik dengan serangan berkala pasukan MS misterius yang selanjutnya dikenal sebagai Unknown Enemy (UE).
Flit Asuno, anak 14 tahun yang selamat dari kehancuran koloni luar angkasa Angel yang diakibatkan serangan UE, berusaha membangun ‘Gundam’, sosok MS yang dulu dikenal sebagai penyelamat berdasarkan cetak biru pada AGE Device warisan keluarganya. Dengannya, Flit berhasil membangun Gundam AGE-1 dan menjadi harapan penduduk Federasi untuk selamat dari kekejaman UE.

0 komentar:

Posting Komentar